A. Apa itu RDM ?

RDM adalah Aplikasi penilaian hasil belajar yang sekaligus bisa digunakan sebagai Bank Nilai bagi Madrasah yang bisa digunakan secara fleksibel baik itu madrasah dengan sistem PAKET atau SKS.

B. Tujuan Pengembangan RDM​

  1. Mewujudkan Madrasah Berbasis Digital dengan pemanfatan teknologi informasi secara optimal.
  2. Efektifitas dan efisiensi dalam pengelolaan penilaian hasil belajar.
  3. Madrasah dapat memberi layanan data secara cepat, tepat dan akurat.

C. Akun Aplikasi RDM

  1. Admin/Operator
    Admin bertugas untuk singkron mapel, tambah mapel, tambah kelas, mengupload data siswa, data guru, mengatur mengajar guru dan edit profil madrasah.
  2. Guru dan Wali Kelas
    Guru dapat setting beban jam, input nilai harian, PAS/PAT, dan keterampilan. Jika sebagai pengampu ekstra, guru input nilai ekstrakurikuler. Sedangkan sebagai wali kelas, guru bisa edit data siswa, input sikap sosial dan spiritual, absensi siswa dan cetak rapor.
  3. Kepala Madrasah
    Kepala madrasah dapat melihat status nilai dari semua guru dan juga bisa mengunci nilai yang sudah terkirim oleh guru mapel.
  4. Waka Kurikulum
    Wakil kepala madrasah dapat melihat status nilai dari semua guru dan juga bisa mengunci nilai yang sudah terkirim oleh guru mapel.
  5. Staf Tata Usaha
    Staff dapat melihat status nilai dari semua guru mengunci nilai yang sudah terkirim oleh guru mapel serta bisa membantu admin untuk upload siswa, guru dan setting mengajar guru.

D. Operator/Admin Madrasah​

1. Menu Sidebar

  • Dashboard
    Berisi informasi jumlah siswa, guru, kelas, ekstrakurikuler dan juga aktifitas guru yang sedang login.
  • Profil Madrasah
    Terkait data-data madrasah, ganti password, edit nama kepala madrasah, ganti logo dan sinkron profil.
  • Lembaga
    Pengaturan semester, singkron mapel dan tambah kelas.
  • Guru
    Input data guru dan setting mengajar guru.
  • Siswa
    Upload data siswa, pindah kelas, naik kelas dan alumni atau siswa non aktif.
  • Rapor
    Tambah ekstrakurikuler, setting KKM, pengaturan cetak dan melihat status nilai yang sudah terkirim.
  • Admin Aplikasi
    Menambah akun kepala madrasah, wakil kepala dan staf.
  • Backup Restore
    Untuk backup dan restore database jika ada trouble di aplikasi.
  • Logout
    Keluar dari aplikasi Rapor Digital Madrasah.

2. Menu Profil Madrasah

  1. Digunakan jika ingin upload logo madrasah. Hasil upload akan muncul di cetak rapor sebelah kanan kop madrasah.
  2. Jika ingin mengganti password, silahkan isi form.
  3. Teliti data madrasah Anda, jika ada data yang salah, silahkan lapor ke Admin Kabupaten untuk diperbaiki. Jika sudah diperbaiki, silahkan klik tombol Syncron Profile.
  4. Form ini untuk mengisi data nama Kepala Madrasah.

3. Menu Lembaga (Sub Menu Pengaturan)

Pengaturan di menu Lembaga berfungsi untuk mengatur tahun ajaran, sistem penilaian dan semester yang aktif ketika di halaman login.

4. Menu Lembaga (Sub Menu Mata Pelajaran)

 Mata Pelajaran di menu Lembaga berfungsi :

  1. Menyingkron mapel dari server ketika pertama kali menggunakan RDM.
  2. Merubah urutan mapel hasil singkron jika dirasa ada yang perlu di ubah.
  3. Menambah mata pelajaran baru, contohnya mapel Mulok dan Mapel Pilihan.

5. Menu Lembaga (Sub Menu Kelas)

Kelas di menu Lembaga berfungsi :

  1. Membuat kelas baru.
  2. Melihat semua kelas yang sudah dibuat.
  3. Menghapus kelas.

6. Menu Guru (Sub Menu Data Guru)

Data Guru di menu Guru berfungsi :

  1. Menambahkan guru secara manual dan upload dengan template excel.
  2. Mendownload semua data guru dalam bentuk excel dan pdf.

7. Menu Guru (Sub Menu Mengajar)

Pada “Sub Menu Mengajar” admin dapat menyetting guru mengajar apa dalam kelas atau semester yang dipilih, dengan dua cara yaitu manual dan berdasarkan guru. Cara manual, langkah-langkahnya :

  1. Pilih tingkat
  2. Pilih kelas
  3. Pilih guru dari menu yang disediakan.

Cara Setting berdasarkan guru :

  1. Klik tombol tambah di kanan atas.
  2. Pilih mata pelajaran
  3. Pilih guru mata pelajaran tersebut diatas.
  4. Pilih kelas apa saja yang diajar guru tersebut dengan cara klik kotak kosong sampai muncul tanda centang.

8. Menu Siswa (Sub Menu Data Siswa)

Menu ini untuk menambah atau input data siswa secara manual maupun dengan menggunakan template excel. Cara input data siswa secara manual :

  1. Pilih tingkat
  2. Pilih kelas
  3. Klik tombol tambah
  4. Isi form data siswa. Penginputan NIS (Nomor Induk Lokal) formatnya hanya 6 digit. Nanti Ketika cetak rapor sudah tergenerate otomatis NSM di depan angka 6 digit NIS Lokal. Isian yang tercetak TEBAL artinya form itu wajib di isi.

Import siswa menggunakan template, dengan cara :

  1. Klik tombol upload siswa.
  2. Setelah muncul popup form upload, klik tombol template excel untuk mendownload template.
  3. Isi template excel kemudian upload.

Tombol mutasi berfungsi untuk memutasikan siswa atau menonaktifkan siswa dalam kelas tersebut, dengan cara :

  1. Klik tombol mutasi.
  2. Kemudian akan muncul popup.
  3. Isi alasan mutasi kemudian simpan.
  4. Jika sudah selesai maka siswa tersebut akan masuk di sub menu Data Alumni.

9. Menu Siswa (Sub Menu Pindah Kelas)

Memindahkan siswa ke kelas yang lain :

  1. Pilih Tingkat.
  2. Pilih Kelas.
  3. Pilih siswa yang akan dipindahkan dengan cara klik siswa tersebut atau klik tombol select all jika semua siswa yang akan dipindahkan.
  4. Pilih status tingkat yang sama atau beda tingkat.
  5. Pilih tujuan kelas siswa tersebut akan dipindahkan.
  6. Yang terakhir klik tombol proses pindah kelas. Tombol ini muncul jika step diatas sudah dilakukan semua.

10. Menu Siswa (Sub Menu Naik Kelas)

Menaikkan siswa, dengan cara sebagai berikut :

  1. Pilih Tingkat.
  2. Pilih Kelas.
  3. Pilih siswa yang akan dinaikkan dengan cara klik siswa tersebut atau klik tombol select all jika semua siswa yang akan dinaikkan.
  4. Pilih tingkat.
  5. Pilih kelasnya. Jika belum dibuat, klik tombol tambah(+) di kanan atas.
  6. Yang terakhir klik tombol proses naik kelas. Tombol ini muncul jika step diatas sudah dilakukan semua.

11. Menu Siswa (Sub Menu Data Alumni)

Pada Sub Menu “Data Alumni” berisi semua siswa yang sudah dimutasikan atau dinonatifkan. Jika ingin mengembalikan siswa tersebut ke kelas asal, tinggal klik tombol Batal Mutasi.

12. Menu Rapor (Sub Menu Ekstrakurikuler)

Menambah data ekstrakurikuler, sebagai berikut :

  1. Klik tombol tambah berwarna biru.
  2. Isi form. Kalau ekstra tersebut wajib di ikuti oleh semua siswa dalam satu kelas, maka di bagian Extra Wajib di centang.
  3. Tombol Edit dan Delele berfungsi untuk mengedit dan menghapus ekstrakurikuler yang ada.

13. Menu Rapor (Sub Menu KKM)

Mengisi data KKM Tingkat, caranya sangat mudah. Silahkan isi di bagian kolom KKM. Jika tiap tingkat menggunakan beda KKM, isi sesuai dengan yang ada di Madrasah. Pengisiannya per tingkat kemudian klik Simpan.

14. Menu Rapor (Sub Menu Pengaturan Cetak)

Operator mengisi data terkait untuk cetak rapor. Sedangkan kolom watermark, silahkan dikosongi jika madrasah menggunakan kertas yang dipesan di percetakan yang sudah ada tanda airnya. Namun, apabila madrasah ingin menggunakan kertas putih HVS 80 gram atau sejenisnya, silahkan isi Watermark sesuai dengan arahan dari pihak madrasah, secara otomatis waktu cetak rapor akan muncul tanda airnya.

15. Menu Rapor (Sub Menu Status Nilai)

Operator dapat melihat status nilai masing-masing mapel dari tiap kelas. Apabila terdapat status merah berarti guru mapel tersebut belum mengisi nilai atau bisa juga sudah mengisi nilai akan tetapi belum klik kirim. Kalau statusnya hijau, berarti pengisian nilai mapel tersebut sudah selesai.

16. Menu Admin Aplikasi

Ada 3 akun admin yang disediakan pada RDM, yakni Kepala Madrasah, Wakil Kepala dan Staf Madrasah. Masing-masing mempunyai fungsi yang hampir sama dengan proktor/operator. Menambahkan akun admin, silahkan klik tombol tambah, nanti akan muncul popup form. Akun admin menggunakan Email untuk login.

17. Menu Backup Restore dan Logout

Menu backup restore ini berfungsi untuk mengamankan data aplikasi melalui backup dan restore database. Apabila sudah dibackup, jangan lupa download file nya kemudian amankan di HDD Eksternal atau di Cloud. Ketika suatu saat aplikasi atau server error, operator tinggal restore datanya. Sedangkan Menu logout berfungsi untuk keluar dari aplikasi RDM.

18. Cara Pindah Semester Dengan Cepat

Pindah semester tanpa logout, silahkan klik label berwarna kuning diatas Menu Dashboard, maka akan muncul popup. Silahkan pilih semester yang anda inginkan.

2 thoughts on “Panduan RDM oleh Operator/Admin Madrasah”
  1. Apakah jika RDM sudah di cetak , otomatis wali kelas sudah mengunci data pengiriman nilai dari Guru mapel agar tidak terjadi perubahan pengiriman?